​Gubernur DIY Berharap, Lahan Pangan Di Gunungkidul Harus Dilindungi

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X Saat Berkunjung Ke Gunungkidul. (Foto: Ist)


Gunungkidulpost.com – Semin – Untuk menekan semakin berkurangnya lahan pertanian Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengharap lahan pertanian yang ada di DIY harus dilindungi dari alih fungsi.

 “Lahan pertanian yang ada harus kita lindungi, sehingga tidak dikonversi menjadi lahan untuk peruntukan lain, seperti untuk lahan industri,” ujar Sultan, Rabu (27/9/2017), saat ekspos potensi desa di lapangan Padukuhan Pundungsari, Desa Semin, Kabupaten Gunungkidul.

Pihaknya telah menetapkan kurang lebih 35 ribu hektar lahan pertanian yang masih tersisa menjadi lahan pertanian pangan berkelanjutan yang tidak boleh dikonversi menjadi lahan untuk peruntukan lain.
Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah DIY Nomor 10 Tahun 2011 tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan.

“Lahan 36ribu hektar tersebut harus dilindungi, untuk tetap digunakan sebagai lahan pertanian pangan berkelanjutan,” paparnya.

Sultan berharap Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan nantinya menjadi lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan daerah.

“Karena disana merupakan sumber pangan kita maka jangan sampai dikonversi menjadi lahan lain,” tutupnya. (Bayu)

Related Post