​Guru Tidak Tetap Minta Diberikan SK Bupati

2580 views

Ilustrasi. Net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah telah meluncurkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 8 Tahun 2017 terkait guru honorer wajib mendapatkan SK dari pemerintah (Bupati/Wali Kota/Gubernur).

Namun selama ini Permendikbud tersebut belum berjalan mulus di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Saat ini, tercatat ribuan guru tidak tetap (GTT) di Gunungkidul hanyalah mengantongi SK dari Kepala Sekolah ataupun komite. Sehingga hal itu menimbulkan reaksi keras dikalangan GTT.

“Pemerintah pusat sudah mengeluarkan aturan bahwa Guru Tidak Tetap (GTT) sekarang ini wajib mendapatkan SK Bupati. Namun sampai saat ini di Gunungkidul aturan tersebut belum terealisasi,” kata salah satu GTT asal Wonosari, Bayu Prihartanto kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (15/3/2017)

Dia munuturkan, SK Bupati sangatlah diharapkan untuk kalangan GTT. Selain lebih mendapatkan pengakuan baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat juga akan lebih memberikan motifasi untuk semangat dalam mengemban tugas dilingkup sekolah. “SK bupati ini yang paling kita tunggu. Dan kami mohon supaya ibu bupati segera merealisasikan aturan yang berlaku,” paparnya.

Pihaknya berharap, Pemkab Gunungkidul segera mengeluarkan SK untuk ribuan GTT di Gunungkidul. Sehingga paling tidak payung hukum telah disahkan dan nasibnya tidak terapung lagi. “SK bupati sebagai payung hukum kami, semoga segera diterbitkan supaya ribuan GTT nasibnya lebih jelas lagi,” tandasnya. 

Sementara itu, Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rasyid mangaku, memang guru honorer yang akan diakui oleh pemerintah mereka yang telah memiliki SK Bupati. Untuk wilayah Gunungkidul belum dilakukan, lantaran ini masih dalam draf aturan baru.“Ini memang masih aturan baru selam ini belum dilakukan di wilayah Gunungkidul,” ucapnya.

Bahron berharap, GTT untuk bersabar menanti informasi dari pemerintah daerah. Direncanakan hal ini akan dibahas pada rapat koordinasi pekan depan. “Tunggu saja ya, kami akan koordinasikan dengan Ibu Bupati terkait pembahasan SK GTT ini,” pungkasnya. (Heri)

Related Post