​Pemkab Akan Dorong Kawasan Kebinekaan dan Kawasan Wisata Halal

Pantai Ngobaran


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dua kawasan wisata yakni Pantai Ngobaran dan Pantai Torohudan akan terus didorong menjadi kawasan wisata Kebhinekaan dan wisata halal oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Saryanto mengatakan, bahwa Pantai Ngobaran yang ada di Kecamatan Ngrenehan, Saptosari, Gunungkidul karena memiliki potensi wisata alam yang besar.
Selain karena keindahan alamnya, di Pantai Ngobaran juga berdiri tempat peribadatan berbagai macam agama dan aliran kepercayaan, seperti pura untuk agama Hindu, wihara agama Buddha, musala untuk agama Islam dan aliran kepercayaan, Kejawen.

“Di sini banyak tempat peribadatan untuk bermacam-macam agama dan kepercayaan. Musholla, Pura, Vihara, kejawen, semuanya dapat bebas beribadah dan hidup dengan damai,” ujar Saryanto, Selasa (19/9/2017/2017).

Lanjut Saryanto, meskipun banyak agama dan kepercayaan yang ada di sini, namun tidak pernah terjadi konflik antar pemeluk agama dan penganut kepercayaan. 

“Tak ada konfik bahkan mereka hidup berdampingan dan saling menghormati satu sama lain,” bebernya.

Saryanto berharap, wisata ini menjadi percontohan untuk destinasi wisata lain. Sehingga di Gunungkidul akan selalu tercipta suasana yang sejuk dan damai tanpa adanya perselisihan.

“Inilah yang menjadi nilai tambah untuk Pantai Ngobaran. Meskipun banyak sekali agama-agama dan kepercayaan yang ada di sini. Namun mereka tetap hidup harmonis, berdampingan dan juga saling menghormati,” tutup Saryanto. (Bayu)

Related Post