​Pesatnya Perkembangan Pariwisata, Angka Kemiskinan Menurun


Gunungkidulpost.com – Wonosari -Pesatnya perkembangan pariwisata beberapa tahun terakhir telah berpengaruh banyak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Hal itu menjadi salah satu faktor menurunnya angka kemiskinan di Gunungkidul, hingga tidak lagi menjadi yang termiskin se-DIY.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan, penurunan angka kemiskinan di Gunungkidul tidak lepas dari upaya meningkatkan kesejahteraan petani yang selama ini dinilai memiliki pendapatan rendah. Menurut dia, telah banyak petani yang memiliki lumbung padi dan koperasi yang membuat mereka semakin jauh dari garis kemiskinan.
Dengan adanya penurunan angka kemiskinan yang cukup signifikan ini, Penilaian terhadap data angka kemiskinan yang selama ini tidak sesuai dengan kondisi riil masyarakat pun kini terbukti. Dia yang juga merupakan ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Gunungkidul, sebelumnya telah mengumpulkan data lapangan untuk menunjukkan bahwa Gunungkidul tidaklah miskin.

“Metode yang dilakukan hanya acak dan tidak dapat menyajikan fakta di lapangan berbentuk data yang akurat,” katanya, Kamis (15/6/2017).

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, menurunnya angka kemiskinan menjadi salah satu indikator keberhasilan program pemerintah selama ini. Untuk itu, pihaknya terus berusaha untuk meningkatkan program-program yang selama ini telah dikerjakan.

“Kami bersyukur, terimakasih kepada masyarakat yang bisa mengembangkan diri dan kemudian dapat berdaya untuk kesejahteraan keluarga,” katanya. (Heri)

Related Post