​Tebing Ngungap Setinggi 75 Meter Runtuh

Tebing Ngungap Ambrol. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Tebing Ngungap, yang berasa di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari tepatnya 100 sebelah timur Pantai Baron yang kemarin telah diberitakan mengalami keretakan yang cukup membahayakan akhirnya mengalami longsor pada Sabtu,(27/5/2017) malam.Dikatakan oleh Surisdiyanto, Sekretaris Satuan Pelindung Masyarakat sekitar Pantai Baron bahwa, longsor terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. 

“Panjang longsoran mencapai 40 meter, dengan lebar 15 meter dan tinggi 75 meter,” jelas Surisdiyanto kepada Gunungkidulpost.com.

Dampak yang kini ditimbulkan yaitu air sekitar lokasi menjadi kotor. Sementara dampak dalam waktu panjang Surisdiyanto menjelaskan bahwa terumbu karang dibawah area longsoran menjadi rusak.

“Karena longsoran ini, kita segera butuh papan peringatan longsor untuk kita pasang  agar tidak ada masyarakat ataupun wisatawan yang menuju lokasi tersebut,” ucapnya.

Setelah dilakukan pengecekan, di sekitar longsoran masih terdapat retakan dengan panjang 60 meter, lebar 20 meter dan tinggi 75 meter.

“Retakan itu juga sangat berbahaya, kita tetap memasang police line untuk mencegah warga mendekat kesitu,” tambahnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan sekarang butuh penanganan segera demi leselamatan warga setempat dan pengunjung.

“Upaya sementara yang harus dilakukan adalah dengan memasang rambu-rambu peringatan,”pungkas Surisdiyanto. (Santi)

pantai baron tebing ngongap

Related Post