​Waspada!!!Gelombang Pantai Selatan Meningkat

Gelombang Tinggi Pantai Baron Kembali Terjadi. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Selama sepekan ini di wilayah Pantai Selatan Gunungkidul mengalami peningkatan gelombang. Untuk itu SAR Satlinmas Wilayah II Baron menghinbau kepada nelayan dan wisatawan untuk terus mewaspadai tinggi gelombang tersebut.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Baron, Marjono menuturkan jika selama sepekan ini aktivitas gelombang pantai meningkat. Namun meningkatnya gelombang membuat berkah tersendiri bagi para nelayan.
Pasalnya nelayan di Pantai Baron, mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah.

“Setiap hari nelayan membawa berpuluh-puluh kilogram ikan yang didapatkan dari hasil melaut,” tutur Marjono, Kamis (21/9/2017).

Marjono menuturkan, melimpahnya hasil tangkapan ikan ini memang menjadi siklus tahunan. Pada September ini yang bertepatan dengan musim kemarau, arus dingin yang ada di bawah laut, mendorong ikan untuk naik ke atas ke perairan yang lebih hangat.
Kendati demikian, dirinya mengingatkan kepada nelayan agar tetap berhati-hati saat berlayar menangkap ikan.

Pasalnya ketinggian gelombang mengalami kenaikan meski tidak terlalu besar, setinggi empat kaki.

“Kami himbau agar terus berhati-hati. Jika kondisi cuaca tidak menungkinkan, atau ada peralatan yang rusak, sebaiknya ditunda sampai kondisi membaik, dan alat-alat diperbaiki,” paparnya

Marjono menambahkan, ia pun menghimbau kepada semua wisatawan yang hadir dikawasan pantai selatan untuk tidak berenang. Hal itu lantaran adanya peningkatan gelombang pantai yang terjadi selama sepekan ini.

“Sabaiknya wisatawan tidak berenang dulu, bermain air di tepi pantai saja namun tetap harus selalu wasapada,” tutupnya. (Bayu)

Related Post