13 Desa Belum Tersentuh Sinyal Telekomunikasi

55 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 13 desa di wilayah Kabupaten Gunungkidul belum tersentuh sinyal telekomunikasi. Padahal saat ini teknologi telekomunikasi terus berkembang dengan pesat. Bahkan sudah akan dikembangkan ke tingkat 5G.

Kabid Layanan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan, ada 13 desa yang ada di 5 kecamatan di Gunungkidul belum mendapatkan sinyal telekomunikasi. Desa-desa tersebut berada di Kecamatan Gedangsari meliputi Desa Tegalrejo, Watugajah, Sampang, Serut dan Petir.
Selain itu, di wilayah Rongkop pun terdapat wilayah yang sulit untuk memperoleh sinyal, yakni Pucanganom dan Botodayaan.

Kemudian, Kecamatan Girisubo yang terdiri dari Desa Songbanyu. Ada pula Kecamatan Tepus dengan desa sinyal paling buruk berada di Desa Sumberwungu, Giripanggung dan Sawahan. Terakhir, Kecamatan Ponjong, desa yang masih mengalami blank spot, yakni Karangasem dan Kenteng.

“Ada 13 desa di lima kecamatan masih mengalami blank spot atau tidak ada sinyal dalam komunikasi,” katanya kepada wartawan, Minggu (2/9/2018).

Menurut Kelik, perlu adanya dukungan dari pemerintah pusat untuk menjangkau wilayah tersebut paling tidak untuk layanan dasar seperti telepon ataupun mengirim pesan singkat (SMS). Nantinya, penyedia layanan atau provider yang ingin memanfaatkan jaringan internet pemerintah bisa berkoordinasi.

“Perlu adanya dukungan dari pusat supaya semua desa bisa menikmati sinyal telekomunikasi,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Gedangsari Imam Santoso mengakui ada lima desa yang masih sulit untuk berkomunikasi melalui perangkat gawai. Sehingga selama ini masyarakat di lokasi tersebut akan berpindah ke lokasi yang ada sinyal untuk berkomunikasi.

“Ada area tertentu blank spot, mudah mudahan segera ada perhatian khusus dari pemerintah,” papar Imam. (G1)

Related Post