13 Oktober Pilkades Serentak Digelar, Seperti Ini Kesiapannya

35 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemilihan kepala desa serentak bergulir mulai 13 Oktober mendatang, untuk itu Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyatakan kesiapan menjelang pesta demokrasi tingkat desa tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul Sudjoko menyatakan saat ini kesiapan sudah hampir seratus persen.

Pemerintah mulai berkoordinasi dengan petugas kepolisian untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Sudah tinggal jalan, undangan sudah kita kirimkan ke masing-masing calon,” katanya kepada wartawan, Senin (1/10/2018).

Dia menjelaskan, ada 30 desa yang akan melaksanakan pilkades. Pelaksanaan Pilkades akan menelan dana sekitar Rp2 Miliar dengan rincian Rp 30 juta hingga Rp 60 juta untuk masing-masing desa.

“Kita akan distribusikan peralatan seperti kotak suara sesudah kampanye tanggal 7 Oktober hingga tanggal 9 oktober mendatang,” ujarnya.

Sudjoko mengatakan, pihaknya sudah memetakan beberapa titik rawan saat pencoblosan 13 oktober mendatang. Meski demikian kerawanan dinilai tidak begitu tinggi.

“Gak ada lokasi rawan, tetapi tetap kita antisipasi. Misalnya desa yang ada diperbatasan dengan desa lainnya yang tidak melakukan pemilihan kepala desa. Karena tidak ada pemilihan kemungkinan massa akan datang ke lokasi pemilihan, banyaknya masa akan kita antisipasi,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady menjelaskan pihaknya akan mengerahkan ratusan polisi yang terdiri dari jajaran Polres dan Polsek tersebut akan disebar ke 30 desa yang menyelenggarakan Pilkades.

Adapun jumlah personil per desa akan berbeda.

“Kami siap mengamankan jalannya Pilkades, saat ini sudah kami lakukan pemetaan,” pungkas Ahmad Fuady. (Bayu)

Related Post