Trauma Banjir, Warga dan Kapedal Bersihkan Sungai Besole

587 views

Warga bersihkan sungai. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Antisipasi banjir pada musim penghujan, sejumlah warga dibantu oleh petugas Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (kapedal) membersihkan sampah di sepajang kali Besole, Jumat (21/10/2016). Upaya ini dilakukan karena warga trauma banjir merendam pemukiman seperti beberapa tahun silam.

Salah satu tokoh masyarakat, Wahyu mengakui kesadaran masyarakat pada lingkungan atau saluran drainase masih minim. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya sampah yang dibuang sembarangan disepanjang kali Besole. 

“Kami lihat banyaknya sampah disepanjang kali Besole ini merupakan ulah oleh warga yang kurang bertanggungjawab. Sehingga kami mengajak warga untuk membantu kapedal membersihkan sampah yang berserakan disepanjang kali Besole,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Hal senada juga diungkapkan warga setempat, Suradi mengatakan, kegiatan ini merupakan rutinitas untuk mengatasi luapan air karena adanya tumpukan sampah disepanjang sungai. Pihaknya berharap, kegiatan ini akan berjalan dengan rutin dan meminta kepada warga yang sering membuang sampah unuk sadar dan membuang sampah bukan di kali namun bisa pada tempatnya.

“Kami harap dengan kegiatan ini warga yang sering buang sampah ke sungai dapat sadar, sehingga nantinya tidak ada lagi sampah berserakan di sepanjang sungai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kapedal Gunungkidul, Irawan Jatmiko menuturkan, dengan kepedulian warga setempat untuk membersihkan sungai sangat diapresiasi oleh Pemkab. Menurutnya, sungai Besole merupakan rawan banjir, salah satu penyebabnya yaitu adanya tumpukan sampah yang menghambat aliran air di sungai Besole. Dengan keterbatasan petugas kapedal pihaknya mengajak warga setempat untuk melakukan gotong royong dalam rangka membersihkan sungai.

“Sangat kami apresiasi semangat gotong royong warga Rejosari Baleharjo yang telah peduli membersihkan sampah di sepanjang sungai besole,” paparnya. (Bayu)

banjirwonosari

Related Post