Resah, Warga Siaga Antisipasi Balap Liar

1156 views

Warga antisipasi balap liar. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Paliyan – Belasan warga Paliyan mulai memberlakukan siaga dan pengawasan lalu lintas di Jalan  Paliyan – Banyusoco. Hal itu untuk mencegah balapan liar yang marak terjadi di wilayah tersebut.  

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Pardie mengaku, balap liar yang dilakukan dikalangan pelajar itu terjadi di jalan raya Paliyan – Banyusoco Playen. Hal itu yang menimbulkan keresahan warga setempat, dengan maraknya aksi tersebut.

“Sebagian besar para pelaku masih duduk dibangku SMP dan SMA,” katanya, Minggu (23/10/2016).

Dia menjelaskan, pihaknya bersama belasan warga sepakat untuk siaga di tempat yang dijadikan aksi balap liar tersebut. Hal tersebut bertujuan agar area yang sepi dan jalan yang lurus ini tidak digunakan sebagai ajang balapan liar. 

“Kami setiap sore disini dengan tujuan supaya area ini tidak digunakan balapan liar,” tandasnya.

Menurut Pardie, selama ini sebagian besar pengguna jalan tersebut merupakan warga yang hendak pulang dan pergi ke ladangnya. Sehingga aktivitas pengguna jalan pun sempat terganggu dengan maraknya aksi balap liar.  

“Kami tidak menangkap namun hanya nunggu supaya jalan ini tidak jadi arena balap liar,” jelasnya. 

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Nugrah Trihadi mengatakan, semua aksi balap liar akan berdampak pada keresahan warga. Hal itu pun sangat membahayakan para pengguna jalan. Sehingga semua kalangan baik petugas kepolisian, pemerintah desa, maupun masyarakat diwajibkan untuk saling bekerjasama memberantas aksi balap liar yang kerap terjadi di Gunungkidul.

“Semua harus ada kesepakatan kerjasama untuk memberantas kenakalan remaja ini. Kami pun siap menindak tagas terhadap pelaku balap liar yang ada di wilayah Gunungkidul,” ucap Nugrah. (Bayu)

balapliargunungkidul banyusoco

Related Post