18 Peserta Meriahkan Festival Dalang Gunungkidul

989 views

image

Festival dalang. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Gunungkidul merupakan salah satu daerah yang menjadi sentral dalang wayang kulit. Hingga saat ini sudah tercatat memiliki ratusan dalang baik yang yang berusia anak-anak maupun dewasa.

Kasi Pelestarian dan Pengembangan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul, Dwijo Winarto mengatakan, jumlah dalang di Gunungkidul memang terus meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah dalang pun mencapai ratusan orang yang tersebar di 18 kecamatan. 

“Selama ini yang sudah aktif mengikuti berbagai lomba pedalangan untuk usia dewasa sudah 80-an orang dalang lebih. Sedang yang anak-anak lebih 40 orang,” kata kepada Gunungkidulpost.com disela pelaksanaan festival pedalangan tingkat kabupaten, di Bangsal Sewokoprojo Wonoasari, Selasa (22/11/2016).

Menurutnya, ada beberapa dalang yang telah menyabet gelar juara nasional, salah satunya Fajar Satria Widiyatno siswa kelas IV SDN Wonosari Baru yang merupakan warga Semanu tersebut menjadi juara dalang tingkat nasional dengan menggondol juara penyaji lakon terbaik.

“Banyak dalang lokal yang mempunyai potensi bagus, jam terbang pun juga tak lagi diragukan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul, Ristu Raharjo menuturkan, dengan predikat gudang wayang kulit, maka pemkab terus melakukan pembinaan, diantaranya dengan menggelar lomba ataupun festival. Selain itu kegiatan festival pedalangan tingkat Gunungkidul telah diikuti sebanyak 18 peserta katagori dewasa dan 12 peserta usia anak. 

“Festival selama 2 hari ini memperebutkan tropi bupati dan sejumlah uang pembinaan. Setiap peserta tampil selama 25 menit dan akonnya bebas,” ungkap Restu. (Bayu)

festivaldalang

Related Post