2,66 Persen Warga Gunungkidul Belum Lakukan Perekaman KTP-el

115 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Agar dapat mengikuti pesta demokrasi pada Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, meminta masyarakat yang belum merekam kartu tanda penduduk elektronik segera melakukan perekaman.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Gunungkidul, Arisandi Purba, mengatakan saat ini masyarakat yang wajib memiliki KTP-el di daerah ini sebanyak 599.801 orang dan sudah melakukan perekaman sebanyak 583.830 orang atau 97,34 persen.

“Ada sekitar 2,66 persen yang belum melakukan perekaman,” katanya kepada wartawan, Jumat (6/4/2018).

Menurut dia, saat ini ada 60 ribu pemohon belum tercetak, karena data yang dimasukkan sedang diproses ke pusat lalu daerah tinggal menunggu.

Pihaknya berharap peran aktif masyarakat untuk segera melakukan perekaman karena salah satu akibat jika tidak memiliki KTP-el, maka tidak bisa mengikuti pemilu.

“Dulu pakai surat pengantar bisa tapi informasi yang kami dapat Pemilu 2019 harus ber-KTP,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gunung Kidul Eko Subiantoro mengatakan pihaknya siap memberikan data kependudukan untuk Pemilu 2019 sehingga KPU hanya perlu berkoordinasi dengan dinas.

“Kami siap mendukung terkait data kependudukan, yang penting pemilu berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Heri Prastawa)

Related Post