28 Ekor Kambing Milik Warga Mati Akibat Diserang Anjing Liar

image

Anjing Liar Di Purwodadi. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tepus – Sebanyak 28 ekor kambing milik warga tewas akibat ulah anjing liar yang terus memangsa diberbagai walayah pesisir selatan Gunungkidul.

Kepala Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Sucipto mengatakan, tercatat sudah ada 28 kambing milik warga mati karena dimangsa anjing liar. Beberapa wilayah yang menjadi sasaran kambing liar yakni Dusun Sureng, Danggolo, dan di Dusun Duwet.

“Akibat ulah anjing liar ini warga sempat kualahan. Selama beberapa minggu ini total sudah ada 28 ekor kambing yang menjadi korban,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Senin (21/8/2017).

Pihaknya pun saat ini terus berupaya melakukan perburuan dengan menggandeng Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia) untuk melakukan perburuan. Sebab, serangan hewan liar yang diduga berasal dari goa-goa di sekitar desanya.

“Kami pun juga meninta bantuan Perbakin untuk memburu anjing liar yang sudah meresahkan warga,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan pemkab Gunungkidul Suseno Budi mengakui serangan hewan liar ini terus berulang setiap tahunnya. Tahun lalu, paling banyak ditemui disisi Barat atau sekitar kecamatan Panggang dan Purwosari. Saat ini banyak dijumpai di sisi timur wilayah desa Purwodadi Kecamatan Tepus.

“Tahun ini laporan baru sekitar desa Purwodadi,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post