Edarkan Ratusan Pil Psikotropika, Seorang Pemuda Dibekuk

616 views

Penggrebekan pelaku di dusun Tawarsari, Wonosari (Foto : Istimewa)

​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Polres Gunungkidul berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis obat-obatan psikotropika di wilayah hukumnya. Tak tanggung-tanggung, seorang pengedar Fr (21), warga desa Gedangrejo, Kecamatan Karangmojo beserta ratusan pil psikotropika diamankan petugas saat bertransaksi.

Kasat Reserse Narkoba Polres Gunungkidul, AKP Kadek Dwi mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal dari penyelidikan terjadinya peredaran obat piskotropika di wilayah Gunungkidul. Dari informasi itu, petugas kemudian melakukan pengembangan hingga akhirnya pada malam pergantian tahun 2017, petugas mengamankan pelaku di wilayah dusun Tawarsari, Wonosari saat akan bertransaksi dengan pembeli. 

“Dengan sigap petugas melakukan penangkapan dan penggeledahan. Dari tangan pelaku itu berhasil menemukan 141 butir pil Psikotropika yang terdiri dari Alprazolam, Trihexphinidyl, Riklona,” katanya, Selasa (10/12/2016).

Kadek menjelaskan, pelaku sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Gunungkidul. Nantinya dari keterangan pelaku itu dikembangkan untuk menangkap pelaku lain, sebab peredaran barang haram ini sedang marak terjadi.

“Kita masih terus lakukan pengembangan untuk memberantas peredaran barang haram ini di wilayah Gunungkidul,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuataannya, kata Kadek, pelaku bakal dijerat Pasal 62 UU 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan Pasal 197 UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun. (Nena)

Related Post