300 Nelayan Gunungkidul Belum Memiliki Asuransi Jiwa

23 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 300 nelayan di pantai selatan Kabupaten Gunungkidul hingga kini belum memiliki asuransi jiwa.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, segera mengupayakan ribuan nelayan ini mimiliki asuransi sebagai jaminan keselamatan kerja.

“Nelayan Gunung Kidul sebanyak 1.300 orang, hampir semua memiliki asuransi nelayan. Hanya saja sekitar 300 orang sampai saat ini belum mendapatkan asuransi itu,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul Khairuddin, Minggu,(6/5/2018) kemarin.

Pihaknya mengusahakan seluruh nelayan di Gunungkidul memiliki asuransi. Untuk saat ini, masih ada 300 nelayan yang belum memiliki asuransi.

“Kami akan mengajukan datanya, dan berharap premi asuransi ditanggung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) segera turun,” bebernya.

Khairudin menjelaskan, asuransi tersebut diharapkan mampu melindungi nelayan karena nelayan memiliki risiko pekerjaan yang tinggi.

Santunan untuk kecelakaan akibat aktivitas penangkapan ikan akan memperoleh tanggungan sejumlah Rp200.000.000 apabila menyebabkan kematian, Rp100.000.000 apabila menyebabkan cacat tetap dan kecelakaan di darat diberikan Rp160.000.000 dan Rp20.000.000 untuk biaya pengobatan.

“Setiap tahun, satu nelayan dikenai premi asuransi Rp175. Kami hanya menyerahkan data nelayan yang memiliki kartu identitas nelayan kepada KKP, dan mereka yang membayarkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunung Kidul Rujimantoro menyambut baik program dari pemerintah ini agar bisa memberikan kesejahteraan bagi nelayan.

Ke depan, Menurut Rujimantoro, nelayan yang belum mendapatkan bisa segera diusulkan.

“Kami berharap asuransi ini dapat melindungi nelayan, karena berisiko tinggi,” tutupnya. (Susanti)

Related Post