36 Hewan Kurban Terinfeksi Cacing Hati

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca pelaksanaan kurban pada Idul Adha, Jumat (1/9/2017) lalu Petugas pemeriksa kurban melaporkan terdapat 36 ekor hewan kurban di Gunungkidul terinfeksi cacing hati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, dari puluhan ekor sapi ada tiga ekor terinfeksi parah dan dinyatakan tidak layak dikonsumsi.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Suseno Budi, mengatakan pihaknya menemukan puluhan hewan kurban terinfeksi cacing hati yakni sebanyak 36 hewan kurban.

Ketiganya ada di Masjid As Syakirin Dusun Trimulyo I, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Masjid Besar Al-Huda Kecamatan Playen, dan penyembelihan hewan kurban di Desa Grogol, Kecamatan Paliyan.

“Kami menemukan puluhan yang terjangkit cacing hati ini, seperti di Kecamatan Wonosari, Kecamatan Playen, Rongkop dan Paliyan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (3/9/2017).

Saat memeriksa hewan kurban yang sudah dipotong tersebut, petugas menyatakan ada ketiga hewan kurban sudah terinfeksi parah dan tidak dapat dikonsumsi. Namun sementara sisanya masih dapat dikonsumsi dengan membuang bagian yang terinfeksi.

“Kami melarang daging hewan tersebut untuk dikonsumsi karena sudah parah dan menyebar,” ungkapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post