4.000 Siswa Miskin Belum Terima KIP

681 views


ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Program Pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar hingga kini belum sepenuhnya dinikmati oleh masyarakat. Pasalnya, KIP ini baru dinikmati sebagian peserta didik saja, dan masih banyak yang belum mendapatkan KIP.

Ketua DPRD Gunungkidul Suharno mengungkapkan, dirinya banyak mendapat keluhan dari masyarakat bahwa masih banyak peserta didik yang kurang mampu yang belum mendapatkan KIP.

“Banyak yang mengeluh karena tidak mendapatkan KIP. Data kami ada 10.000 peserta yang sudah masuk,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Senin (3/10/2016).

Dia mengatakan, dirinya akan memperjuangkan nasib warga masyarakat yang tak kunjung mendapatkan KIP. Menurut Politisi PDIP itu, baru sebanyak 6 ribu peserta di Gunungkidul telah mendapatkan KIP.

“Kami akan memperjuangkan 4.000 siswa lain untuk mendapatkan KIP,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan DIY Esty Wijayanti saat melakukan kunjungan kerja kemarin menekankan pentingnya penyaluran KIP yang tepat sasaran. Hal ini dibutuhkan untuk membantu peningkatan mutu pendidikan di Gunungkidul.

“KIP harus tepat sasaran, jangan disalah gunakan untuk kebutuhan lain sehingga mutu pendidikan di Gunungkidul akan lebih meningkat,” ucapnya.

Munurut Esti, bantuan KIP disesuaikan dengan tingkat pendidikan peserta didik. Untuk siswa sekolah dasar, setiap anak mendapatkan sebesar Rp450.000, siswa SMP sebesar Rp750.000 dan siswa SMA dan sederajat memeroleh bantuan Rp1 juta per tahun.

“Jadi ada tingkatannya, dan untuk yang belum mendapat KIP akan kami laporkan ke pusat untuk segera ditindak lanjuti,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post