4 SD Dan 5 SMP Tidak Memperoleh Murid Baru

220 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 9 sekolah baik dari SD maupun SMP di Kabupaten Gunungkidul tidak memperoleh siswa baru pada tahun ajaran 2019/2020.

Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul masih diperbolehkan kepada sekolah untuk menerima peserta didik baru meski kegiatan belajar mengajar sudah dimulai.

Sembilan sekolah ini terdiri dari lima SMP dan empat SD. Untuk tingkat SMP terdiri dari lima sekolah swasta, sedang untuk SD terdiri dari tiga sekolah negeri dan satu sekolah swasta.

“Meski sudah hampir sepekan masuk sekolah namun masih ada sekolah yang tidak mendapatkan murid baru,” kata Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid, Kamis (18/7/2019) kemarin.

Menurut Bahron, pihaknya masih memberikan kelonggaran kepada sekolah yang belum memeperoleh murid untuk menerima siswa baru.

“Meski tahun ajaran baru sudah dimulai, sekolah masih diperbolehkan menerima siswa. Pendaftaran dilakukan secara offline dengan mendatangi sekolah yang ingin dituju,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang TK dan SD Disdikpora Gunungkidul, Sumarto. Mengayakan kegiatan belajar terus berjalan karena ada kelas di atasnya yang masih memiliki murid untuk diajar. Nantinya sekolah yang terus-terusan mengalami penurunan jumlah murid akan dievaluasi oleh dinas guna menentukan penutupan maupun regrouping.

“Ya kalau sudah tidak ada muridnya pasti akan dievaluasi, apakah ditutup atau digabung dengan sekolah lain,” tutupnya. (Bayu)

Related Post