40 Desa Ditetapkan Sebagai Rawan Bencana

image

(Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul telah menetapkan sebanyak 40 desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul dinyatakan sebagai desa siaga bencana.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sutaryono mengatakan, hingga sekarang sudah ada 40 desa siaga bencana. Dari jumlah tersebut, sepuluh desa di antaranya ditetapkan pada tahun ini.

“Memang belum semua wilayah ditetapkan sebagai desa siaga bencana, tapi BPBD akan terus memperluas jangkauan tersebut. Rencananya di tahun depan, kami akan menambah desa siaga bencana di 12 tempat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (12/10/2017).

Menurut dia, keberadaan desa siaga bencana sangat penting. Salah satunya untuk mengantisipasi saat terjadi musibah. Pelatihan-pelatihan yang diberikan selama masa penetapan dapat memberikan manfaat kepada warga untuk penanganan selama terjadi musibah, sehingga potensi kerugian yang diderita dapat dikurangi.

“Jadi warga sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana. Untuk itu, setiap tahunnya kami terus melakukan penambahan desa siaga bencana,” paparnya.

Memasuki musim penghujan, dia pun berharap masyarakat untuk terus waspada potensi terjadinya bencana.

“Kita tidak tahu kapan akan terjadi bencana, jadi untuk mengurangi resiko ini ada baiknya masyarakat terus waspada dan berhati-hati,” imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk antisipasi memasuki musim penghujan pihaknya sudah mengantisipasi dengan beberbagai cara, mulai dari pemasangan rambu peringatan di lokasi rawan hingga penetapan desa siaga bencana. Selain itu, khusus untuk bahaya angin kencang, masyarakat diminta memangkas ranting pohon di sekitar rumah yang telah rimbun.

“Harapannya dengan pemangkasan ini potensi pohon ambruk dapat dikurangi,” tutupnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post