40 Ribu Warga Belum Terima E-KTP

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 40 ribu warga Gunungkidul masih belum mendapatkan KTP elektronik. Banyaknya antrian pencetakan KTP elektronik ini tidak sebanding dengan jumlah blanko yang tersedia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, Eko Subiantoro, mengatakan, ada sekitar 40 ribu pemohon KTP elektronik yang mengantri pencetakan KTP elektronik sejak November 2016 lalu.
Menurut dia, banyaknya jumlah antrian pemohon KTP elektronik ini disebabkan oleh kurangnya jumlah blanko yang tersedia. Jumlah pemohon mencapai 40ribu sementara blanko hanya sebanyak 14ribu.

“Jumlah blanko yang diberikan ini masih sangat kurang, sedangkan jumlah pemohon terus mengalami kenaikan,” kata Eko kepada Gunungkidulpost.com, Senin (31/7/2017).

Lanjut Eko, untuk pemohon yang belum mendapatkan KTP elektronik, pihaknya memberikan surat keterangan (Suket) yang berisikan identitas pemohon termasuk nomor induk kependudukan.

Ia mengatakan, Suket ini fungsinya sama dengan KTP elektronik, namun bentuknya berupa selembaran kertas yang digunakan untuk pengganti KTP sementara.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat yang membutuhkan identitas KTP,” ucapnya.

Eko mengatakan, warga yang saat ini masih dalam antrian pencetakan KTP elektronik, dapat melihat urutan antrian dan status pemohon di website Dukcapil Gunungkidul.

“Untuk cek apakah KTP sudah jadi bisa menggunakan website Dinas, dukcapil.gunungkidulkab.go.id, namanya cekidot, cek identitas otomatis,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post