46 Warga Gunungkidul Hidup Dipasung

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 46 warga di Kabupaten Gunungkidul dipasung. Kasus pasung di  bumi handayani ini tergolong masih tinggi.

Data dari dinas sosial menyebutkan  sebanyak 46 orang di pasung, 4 orang diantaranya sudah dievakuasi.
Melalui hari kesehatan jiwa, sedunia keluarga dan masyarakat diharapkan untuk lebih peduli dengan Orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ).

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial, Irvan Ratnadi menyampaikan, warga yang dipasung seluruh Gunungkidul ada 46 orang, empat orang diantaranya sudah ditangani oleh dinas. Usia mereka dari 16 hingga 65 tahun. 

“Sebagian besar merupakan usia produktif dengan rata-rata usia 25 hingga 40 tahun,” kata Irvan, Rabu  (11/10/2017) kemarin.

 

Sebagian besar pemasungan menggunakan rantai ataupun alat tertentu agar keluarga yang menderita gangguan kejiawaan tidak pergi.
Diakuinya, tak mudah untuk mengevakuasi orang yang dipasung. Sebab, dari beberapa kasus pemasungan, keluarga tidak menghendaki untuk dipisahkan.

“Keluarga menolak untuk dibawa, padahal kita mau membantu agar lebih baik, dan semuanya gratis, bahkan jika tidak memiliki BPJS akan kita bantu,” bebernya.

Pihaknya pun sudah mengupayakan agar obat yang dibutuhkan ada di setiap Puskesmas sehingga memudahkan keluarga untuk mengambilnya.

“Sekarang puskesmas sudah ada obat. yang disosialisasikan keluarganya, jangan sampai telat kita menyediakan gratis,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post