5 Wisatawan Jadi Korban Serangan Ubur-ubur Beracun

image

Wisatawan Tengah Dievakuasi Oleh Petugas SAR. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Serangan ubur-ubur beracun menimpa wisatawan di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul, Minggu (17/9/2017). Sedikitnya terdapat 5 orang wisatawan yang menjadi korban sengatan ubur-ubur beracun tersebut.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan terdapat sedikitnya 5 wisatawan yang tersengat ubur-ubur beracun sejak pagi hingga siang ini.

“Total yang tercatat ada 5 orang korban, kelima diantaranya tidak mengalami cidera yang serius,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Dia menjelaskan serangan ubur-ubur pertama kali terjadi sekitar pukul 07.30 WIB saat kondisi pantai masih sepi. Awalnya rombongan wisatawan asal Semarang dan beberapa wisatawan dari daerah lain tengah berwisata di Pantai Sepanjang, Saat sejumlah wisatawan mulai asyik bermain air di bibir pantai, mereka mengeluhkan sakit di bagian kaki, seperti tersengat sesuatu.

Tim SAR langsung mendatangi korban dan melihat bintik-bintik merah di kulit yang merupakan akibat tersengat ubur-ubur beracun atau impes.

“Mereka langsung kami evakuasikan. Setelah ditelusuri ternyata serangan ubur-ubur beracun,” ujarnya.

Wisatawan yang menjadi korban sengatan ubur-ubur tersbut yakni Nuara Palupi (10), Galih (12) keduanya merupakan warga Asrama Brimob Pasanden Semarang, Jawa Tengah.

Sementara itu wisatawan lainnya, Sumedi, Yoga Pratama (14), Keisya (9) ketiganya merupakan warga Ngrasak RT 02 RW 5 Megelang, Jawa Tengah.

Petugas SAR juga mengusapkan alkohol di bagian tubuh yang terkena sengatan ubur-ubur untuk meredam rasa sakit yang ditimbulkannya. Kendati banyak terjadi korban, namun tidak sampai menimbulkan luka ataupun sakit yang serius.

Surisdiyanto mengatakan, serangan impes ini baru terjadi di Pantai Sepanjang saja. Sementara pantai-pantai lain di Gunungkidul belum terdapat laporan sengatan ubur-ubur beracun.

“Pantai lain masih aman, baru pantai sepanjang yang ada laporan wisatawan tersengat,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post