55 Senjata Api Milik Polisi Ditarik

118 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan senjata milik anggota polisi di tarik. Penarikan dilakukan lantaran izin penggunaan sudah memasuki kedaluwarsa.

Kasubag Humas Polres Gunung Kidul Iptu Ngadino di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan pemeriksaan senjata ini dilakukan selama dua hari mulai Rabu (28/3) dan Kamis (29/3). Dan hasilnya sebanyak 55 pucuk senjata di tarik lantaran kadaluarsa.

“Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh anggota polisi yang memiliki senjata api dari hasil pemeriksaan 55 senjata kami tarik,” katanya kepada wartawan, Kamis (29/3/2018).

Ia mengatakan senjata yang diperiksa mencapai ratusan pucuk yang dimiliki anggota dari polres dan polsek. Senjata tersebut kemudian langsung digudangkan petugas Propam.

Ia menuturkan, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota saat memegang senjata dan memastikan senjata masih berfungsi dengan baik, termasuk bertujuan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata.

“Apakah senjata siap untuk digunakan dalam menjalankan tugas atau tidak,” paparnya.

Pemeriksaan senjata ini, menurut Ngadino, merupakan kegiatan rutin dari Propam. Tujuannya untuk memastikan semua anggota polisi yang memegang senjata merawat alat penunjang kerja yang sudah dipinjamkan. Selain itu untuk mencegah penyalahgunaan senjata oleh anggota.

“Pemeriksaan senjata rutin dilaksanakan enam bulan sekali dan anggota yang sudah mengurus kembali surat izinnya dapat menggunakan senjata lagi,” pungkasnya. (Heri)

Related Post