60 persen Pembangunan di Gunungkidul Dari Rakyat

469 views

ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 60 persen dari total alokasi pembangunan infrastruktur bersumber dari masyarakat.
Kabid Pemerintahan, Sosial dan Budaya, Bappeda Gunungkidul, Prianta Madya mengatakan, masyarakat terlibat aktif dalam pembangunan sarana infrastruktur daerah. Hal itu terjadi karena adanya warisan sosial budaya dalam bergotong royong serta kerja keras.

“Masyarakat memberikan dukungan dana dan tenaga dengan nilai 60 persen dari anggaran pembangunan daerah,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (13/9/2016).

Dia menjelaskan, meski bantuan pemerintah terbatas namun secara sukarela dan aktif bersama-sama memberikan bantuan dana dan tenaga. Sehingga keterlibatan masyarakat dilakukan secara mayoritas.

“Peran serta masyarakat Gunungkidul masih tinggi atas proses pembangunan,” ujarnya.
Sementara itu, pemerhati rakyat kecil, Rino Caroko mengatakan, peran serta masyarakat dalam membangun infrastruktur di Gunungkidul sangat tinggi. Namun sering kali permintaan warga untuk pengajuan bahan bangunan guna membangun jalan dipersulit oleh pemerintah. Pihaknya berharap, pemkab dan warga sama-sama saling bekerjasama dengan baik.

“Harapan kami jika ada alokasi dana untuk pembangunan dapat dipermudah, sehingga masyarakat juga semangat melakukan gotong royong untuk membangun infrastruktur fisik,” ucapnya. (Bayu)

Related Post