62 Grup Meriahkan Lomba Toklik Desa Kepek

image

Penampilan Salah Satu Grup Lomba Toklik se- Desa Kepek. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Desa Kepek menggelar lomba ‘thoklik’ yang berlangsung di  komplek Balai Desa, Sabtu (20/5/2017) malam.

Sebanyak 62 grup dari masing-masing RT se-Desa Kepek turut ambil bagian dalam ajang perlombaan memperebutkan piala bergilir Kapolres Gunungkidul.

Kepala Desa Kepek, Bambang Setiawan   mengatakan bahwa lomba thoklik tahun 2017 ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang memperebutkan piala bergilir Kapolres Gunungkidul. Sebanyak 62 regu telah siap menampilkan berbagai jenis kreasi musik thokliknya masing – masing dari masing-masing padukuhan.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Desa Kepek dan diikuti oleh 62 RT,” Jelasnya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Selain itu, tujuan diadakannya lomba thoklik tersebut diantaranya untuk melestarikan budaya leluhur yang erat kaitanya dengan sistem keamanan lingkungan dan juga meningkatkan kerukunan warga serta mendorong warga melestarikan budaya jawa kedalam kegiatan bermasyarakat.

Bambang berharap, dengan digelarnya lomba thoklik ini, masyarakat dapat lebih meningkatkan siskamling dimasing-masing RT, sehingga  keamanan dan ketertiban selalu tercipta dilingkungan masyarakat.

“Harapan kami thoklik menjadi bagian dari ciri khas kebudayaan dimana seperti desa Kepek yang notabene merupakan desa budaya untuk selalu melestarikan event potensi desa yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Muhammad Arif Sugiharto mengapresiasi kegiatan ini. Pihaknya akan terus mendorong kegiatan yang bersifat kegotongroyongan dan budaya desa.

“Mudah-mudahan momentum ini akan terus dilestarikan,” tuturnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post