720 Kilometer Jalan Di Gunungkidul Kondisinya Rusak Parah

435 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 60 persen panjang jalan yang ada di Gunungkidul mengalami kerusakan.
Dari total 1.200 kilometer jalan yang ada Kabupaten Gunungkidul ada sekitar 720 kilometer dalam kondisi rusak dan mengancam pengendara yang melintas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPR) Kabupaten Gunungkidul, Edy Praptono mengatakan sekitar 720 kilometer panjang jalan yang ada di Gunungkidul mengalami kerusakan.

“Dari 1.200 kilometer jalan kabupaten, baru sebanyak 40 persen atau sekitar 480 kilometer panjang jalan yang dalam kondisi layak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (23/1/2018).

Dia menuturkan, sebanyak 40 persen atau 480 kilometer mengalami kerusakan sedang. Namun sisanya sebanyak 20 persen, atau 240 kilometer mengalami rusak berat dan dalam kondisi tak layak untuk dilalui.

Lanjut Edy, jalan yang rusak ini semakin bertambah, setelah banyaknya peralihan status dari jalan desa menjadi jalan kabupaten.

“Semula hanya sekitar 800 kilometer, namun adanya peralihan jalan desa menjadi jalan kabupaten, menambah panjang pekerjaan kami,” ujarnya.

Edy mengakui jika jalan di Kabupaten akan tetap mengalami kerusakan, meski terus menerus dilakukan perbaikan. Hal ini disebabkan oleh faktor cuaca yang menjadi penyebab kerusakan lapisan jalan.

“Intentsitas hujan sangat tinggi, menyebabkan aspal terkelupas, jalan menjadi rusak,” paparnya.

Dia menambahkan, pihaknya menganggarkan sekitar Rp 60 Miliar pada tahun 2018 ini untuk pemeliharaan jalan dan penggantian jembatan yang mengalami kerusakan. (Bayu)

Related Post