750 Ribu Bidang Tanah di Gunungkidul Berstatus Sultan Ground

471 views
image

Kondisi Tanah SG. (Foto: Doc Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Ratusan ribu bidang tanah di Kabupaten Gunungkidul diketahui berstatus Sultan Ground (SG) dan Pakualaman Ground (PAG). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY sudah melakukan inventarisasi.

Kepala Bidang Pertanahan, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Kabupaten Gunungkidul, Madyarina Mulyaningsih mengatakan, sejak 2013 pihaknya telah melakukan inventarisasi status tanah di Gunungkidul. Tercatat ada sekitar 750.000 bidang tanah di Gunungkidul yang berstatus SG dan PAG yang tersebar di 18 Kecamatan.

“Tanah SG di Gunungkidul ada sekitar 750.000 bidang sampai 600.000 bidang,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (17/2/2017).

Pihaknya mengaku, Hingga saat ini kata dia baru terselesaikan sekitar 85%. Namun pihaknya menargetkan pada pertengahan 2017 inventariasi akan rampung. Pasalnya investarisasi belum sepenuhnya rampung.

“Kami targetkan semua di 18 kecamatan harus terdata,” ucapnya.

Menurut dia, setelah selesai melakukan inventarisasi maka akan masuk tahap pemanfaatan. Teknisnya jika sejumlah bidang tanah telah digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan umum maka harus memperbarui izin ke Keraton atau Kadipaten.

“Melakukan pemanfaatan secara pribadi harus memiliki izin yang jelas  yang disebut sebagai surat kekancingan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post