9.044 KK Penerima Bantuan Pangan Dihapus

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 9.044 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dihapus oleh Dinas Sosial Gunungkidul.

Penghapusan dilakukan karena data penerima sudah tidak valid lantaran meninggal dunia, pindah tempat, maupun status ekonomi terus membaik.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul Subarno mengatakan pada saat pemaparan program BPNT yang rencannaya dimulai April mendatang terdapat 88.267 KPM. Namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi di lapangan, terdapat 9.044 KPM yang dirasa tidak layak menerima bantuan sehingga dihapuskan, untuk kemudian diganti dengan penerima yang baru.

“Pencoretan tidak mengubah kuota karena jumlah tetap sama, hanya saja penerima ada berubah sesuai dengan validasi yang dilakukan,” kata Subarno kepada wartawan, Senin (19/3/2018) kemarin.

Lebih jauh dikatanya, data penerima manfaat BPNT bersifat dinamis sehingga memungkinkan adanya perubahan. Namun untuk bisa melakukan perubahan harus dilakukan verifikasi dan validasi serta berdasarkan hasil musyawarah desa.

“Pemutakhiran data penerima sangat mungkin dilakukan dengan mengacu kondisi di lapangan,” imbunya. (Santi)

Related Post