Agama Lain Turut Semarakkan Hari Santri

364 views
image

Suasana Latihan Drama Kolosal Hari Santri. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2017 di Gunungkidul tak hanya dirayakan oleh umat muslim saja, namun juga didukung oleh umat berbagai agama lainnya yang tergabung dalam Forum Lintas Iman.

Ketua Forum Lintas Iman Gunungkidul, Aminnudin Azis mengatakan, umat dari berbagai agama seperti dari agama Budha dalam MBI, paroki-paroki untuk umat katholik dan perwakilan gereka untuk umat kristen turut mendukung terlaksanakanya Hari Santri Nasional 2017.

“Sengaja kami menggandeng seluruh umat beraga di Kabupaten Gunungkidul dalam kegiatan ini. Dan tujuannya sepaya selalu terjalin kerukunan antar umat beragama,” ucapnya saat ditemui Gunungkidulpost.com, Jumat (20/10/2017).

Bahkan sejumlah perwakilan agama juga turut pentas pada drama kolosal yang diikuti oleh ribuan santri yang menceritakan perjuangan para santri dan ulama dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Rekan-rekan dari umat Hindu, Budha, Katholik dan Kristen juga turut dalam pementasan ini,” ujar Aminudin.

Aminudin mengatakan, sikap ini dilakukan untuk membangun dan memupuk rasa persatuan sebagai anak bangsa, tanpa memandang suku, agama, ras atau kelompok mana, semuanya adalah satu dalam bingkai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Perbedaan itu indah jika kita sikapi dengan rasa toleransi yang tinggi, bagaimana menjaga kesatuan bangsa, merawat persatuan, dalam kebersamaaan bersama seluruh masyarakat,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post