Ahli Geologi Pantau Tanah Ambles

365 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Geologi melalui Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan melakukan pemantauan tanah amblas berbentuk lubang di Gunungkidul.

Dua lubang yang dikunjungi, yakni di Dusun Serpeng, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu dan di Dusun Pringluwang, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong.

“Memang benar kemarin dilakukan pemantauan dari Badan Geologi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, Kamis (15/2/2018) kemarin.

Menurutnya, Badan Geologi melakukan pemantauan dalam rangka meneliti fenomena tanah amblas di Gunungkidul. Hasil penelitian tersebut, juga akan diserahkan ke pemerintah kabupaten untuk ditindaklanjuti.

“Kalau nanti sudah ada rekomendasi (penanganan tanah amblas) kami akan diberi tahu Badan Geologi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, sambung Edy, pihaknya belum mengambil langkah penanganan terkait fenomena tanah amblas sebelum hasil kajian keluar. Pihaknya meminta masyarakat tenang dan bersabar menunggu hasil kajian dari Badan Geologi tersebut.

“Kami berharap masyarakat tetep tenang dan tidak berspekulasi terkait tanah amblas yang terjadi di Gunungkidul,” pungkas dia. (Heri)

Related Post