Akibat Siklon Tropis Cempaka Kerugian Mencapai Rp 100 Miliar

218 views
image

Kondisi Cuaca Buruk. (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul menaksir kerugian akibat dampak siklon tropis cempaka di Gunungkidul mencapai Rp 100 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, kerugian mencapai Rp 100 miliar selama dilanda bencana akibat siklon tropis cempaka.

“Kerugian akibat bencana mulai dari infrastruktur jalan, jembatan dan rumah rusak yang ditaksir sampai Rp 100 miliar,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (9/12/2017).

Menurutnya, kerugian Rp 100 miliar ini belum termasuk perekonomian warga yang rusak dan terganggu. Bila dijumlah dengan perekonomian warga yang terimbas banjir dan longsor, diprediksi nominal kerugiannya lebih dari 100 miliar.

“Untuk saat ini pemerintah masih akan fokus memperbaiki dan melakukan optimalisasi sarana dan prasarana umum,” jelasnya.

Akibat banjir dan longsor yang melanda wilayah Gunungkidul sejak Selasa (28/11/2017), setidaknya ada 11 jembatan, sembilan jalan dan 202 rumah warga rusak. Kerusakan ini terjadi hampir merata di sejumlah wilayah di Gunungkidul.

Untuk memperbaiki kerusakan infrastruktur ini, kata Eddy, pihaknya akan mengupayakan skema sharing APBD Gunungkidul, APBD Pemda DIY dan APBN. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post