Amankan Perayaan Paskah, Ratusan Personil Polisi Disiagakan

264 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jajaran Polres Gunungkidul menyiagakan sebanyak 267 personelnya untuk mengamankan jalannya perayaan ibadah Paskah di Kota Gunungkidul, Kamis hingga Minggu (1/3/2015).

Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino mengatakan, ratusan personel polisi itu dikerahkan di sejumlah titik di gereja untuk mengamankan jalannya perayaan Paskah.

“Titik utama pengamanan difokuskan pada tempat ibadah yang akan dijaga oleh polisi,” kata Iptu Ngadino, Jumat (30/3/2018).

Pihaknya telah mempersiapkan 267 personel untuk mengamankan Paskah dan libur panjang, mengingat Gunungkidul menjadi satu diantara destinasi wisata di Yogyakarta.

Ngadino mengatakan bahwa personel jaga sudah disiapkan sejak kamis malam, untuk mengamankan kegiatan paskah di Gereja-gereja di Gunungkidul.

“Untuk pengamanan di Gereja Polres bekerjasama dengan Polsek setempat untuk menjaga keamanan saat kegiatan Paskah berlangsung, jumlah personel disesuaikan dengan situasi di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady mengaku, khusus pengamanan gereja, pihaknya akan memprioritaskan pengamanan bagi sejumlah gereja besar yang dinilai padat jemaatnya. Sejumlah gereja itu di antaranya adalah Gereja Santo Yusuf Bandung, Santo Petrus Kanisius Baleharjo, Santo Petrus dan Paulus Kelor, GKJ Wiladeg, dan GKJ Wonosari.

“Di gereja-gereja itu kita prioritaskan untuk pengamanan nanti akan ada personel yang mengamankan di situ,” bebernya.

Menurut Kapolres, dalam pengamanan akan dilakukan dengan melibatkan personel TNI dan juga ormas.

Pengamanan secara maksimal tersebut dilakukan agar perayaan Paskah dapat berlangsung aman dan tertib. Dengan demikian, umat Kristiani yang merayakan dapat merasakan kenyamanan saat menjalankan ibadah.

“Termasuk juga saat patroli itu akan dilakukan secara gabungan bersama TNI. Sehingga umat Kristiani merasakan nyaman dalam menjalankan perayaan Paskah,” imbuhnya.

AKBP Ahmad Fuady menambahkan, patroli keamanan juga berlangsung diberbagai kawasan wisata. Jajaran personil juga akan menjaga kawasan objek-objek wisata yang menjadi tujuan wisata para pelancong yang menikmati momen libur panjang saat ini.

“Kami siap melakukan pemantauan dan pengamanan selama masa libur panjang Paskah ini sehingga para wisatawan akan merasa aman dan terlindungi,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post