Amblesan Tanah Bertambah, Petugas Tanam Rambu Peringatan

230 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Usai dikeluarkannya rekomendasi dari Badan Geologi kementerian ESDM terkait lubang ambles, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul memasang rambu peringatan di sejumlah lubang amblesan tanah.

Kepala pelaksana BPBD Gunungkidul, Edi Basuki, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak desa terkait upaya yang harus dilakukan dalam menangani lubang amblesan yang terjadi di sejumlah wilayah.

Salah satu yang dilakukan yakni dengan pemasangan papan rambu peringatan bahaya. Hal ini mengingat potensi bertambah luasnya lubang dan resiko longsor.

“Ada 10 titik yang kami pasang selama dua hari, dan yang paling banyak di Padukuhan Serpeng, Desa Pacarejo, Semanu,” ujar Edi, kepada wartawan, Rabu (7/3/2018).

Edi mengatakan, pihaknya juga akan memasang ke seluruh lubang yang ada mencatat ada 24 titik tanah ambles dan berlubang. Paling banyak di kawasan kecamatan Rongkop.

“Untuk kedepan kami akan melihat lokasinya terlebih dahulu, direncanakan 1 amblesan satu papan peringatan,” bebernya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilakukan usai keluarnya rekomendasi dari Badan Geologi kementerian ESDM terkait lubang ambles yang ada di sejumlah wilayah di Gunungkidul.

“Setelah rekomendasi keluar, kami segera melakukan pemasangan rambu disejumlah titik,” tutupnya. (Bayu)

Related Post