Amdal Kawasan Pantai Selatan Segera Ditentukan

235 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul berencana menerapkan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) kawasan di bagian selatan Gunungkidul. Rencananya Amdal kawasan akan dibuat di wilayah pantai Baron sampai Parangtritis.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, Drajat Ruswandono mengatakan, Amdal kawasan dibutuhkan karena banyak investor yang akan masuk Gunungkidul dan merasa ragu ketika akan membangun di kawasan pantai selatan.

Dengan adanya Amdal kawasan, semua akan lebih jelas dasar hukumnya dan masyarakat sudah tidak menggunakan petunjuk yang tidak terukur.

“Dengan dasar hukum yang jelas,seseorang yang akan menanamkan modalnya di Gunungkidul tidak akan merasa khawatir akan digugat dari pihak-pihak tertentu,” jelasnya, Sabtu, (2/2/2019).

Drajad mengatakan, Amdal kawasan juga untuk mempersingkat waktu, karena ketika sudah ada Amdal kawasan ini, investor tidak perlu menyusun amdal sendiri-sendiri.

Saat disinggung menganai kemungkinan investor nakal, Drajad mengatakan, di setiap perizinan pasti ada kajian-kajian, ketika kajian lingkungan masuk tidak mungkin hal tersebut terjadi.

“Kalau izin ditempuh secara benar maka tidak akan terjadi,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul, Dhemas Kursiswanto menuturkan, pihaknya setuju dengan langkah Pemkab Gunungkidul. Namun demikian semua memang harus ada perencanaan yang matang, sehigga tidak menimbulkan persoalan di masyarakat.

“Sepanjang sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan kawasannya saya kira tidak masalah. Terutama pada RTRW harus ditata ulang dan dibenahi,” katanya.

Dhemas mengatakan, perlu adanya kajian secara akademis maupun geologis. Agar masyarakat tidak tersingkir oleh investor tentu saja harus mempertimbangkan kepentingan masyarakat Gunungkidul. (Santi)

Related Post