Antisipasi Penyakit, Dinas Awasi Hewan Kurban Yang Masuk Gunungkidul

329 views

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Jelang idul adha, Dinas peternakan Gunungkidul melakukan pengawasan terhadap hewan ternak yang akan masuk untuk dijadikan kurban. Pemantauan ini dilakukan sebagai antisipasi adanya hewan yang memiliki penyakit. Dengan demikian, hewan kurban itu layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul Krisna Berlian mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan diantaranya pendirian posko pemantauan hewan kurban serta menerjunkan 143 petugas. Pemantauan ini akan disebar ke lokasi-lokasi pasar hewan hingga ke wilayah perbatasan.

“Untuk seluruh petugas sudah kita sebar, memastikan hewan kurban sehat, sehingga layak untuk dikonsumsi,” katanya, Jumat (26/8/2016).

Menurut Krisna, petugas sampai saat ini belum menemukan adanya penyakit berbahaya pada hewan kurban. Meski begitu, masyarakat dihimbau tetap waspada dengan mengenali ciri-ciri hewan yang sehat meliputi, bentuk tubuh tegap, tidak pincang dan memiliki bulu-bulu halus.

“Ciri-ciri ini dari segi pandangan dari jarak jauh. Tetapi jika memastikan harus melakukan pengamatan jarak dekat,” jelasnya.

Krisna menjelaskan, dalam pemantauan jarak dekat ini juga memastikan hewan kurbankan tidak mengalami kebutaan atau hanya memiliki buah zakar tunggal. Sebab dari syariat islam, hewan cacat fisik tidak boleh digunakan untuk kurban.

“Kalau untuk buah zakar tunggal tidak harus dengan memegang. Sedangkan pengecekan kebutaan, pembeli bisa mengetahuinya dengan menggerakan tangan di depan mata hewan,” terangnya.

Krisna menerangkan, dari segi pencegahan penyakit hewan terutama terjangkit cacing hati. Pihaknya melakukan pemantauan ke wilayah perbatasan yang dekat dengan Pacitan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus anthrax di wilayah tersebut agar tidak masuk ke Gunungkidul.

“Pengawasan terus kita upayakan. Untuk itu, kami meminta warga agar juga berhati-hati saat akan membeli hewan kurban,” pungkasnya. (Nena)

Related Post