Anggaran Pilkada Tembus Rp 29 Miliar

88 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Anggaran Pilkada 2020 ditaksir mencapai Rp29 miliar.Hal ini terlihat dari pengajuan anggaran hibah oleh KPU Pemkab Gunungkidul terkait dengan biaya yang dibutuhkan selama penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan jajarannya mengajukan hibah kepada Pemkab untuk pelaksanaan Pilkada 2020. Hasil dari perencanaan yang disusun, biaya pilkada diperkirakan mencapai Rp29 miliar.“Pengajuan hibah sudah kami serahkan ke Pemkab,” kata Hani kepada wartawan, Minggu (19/5/2019) kemarin.

Menurun dia, besaran anggaran ini digunakan untuk berbagai kegiatan mulai dari pelaksanaan tahapan, sosialisasi, operasional petugas di TPS hingga pengadaan logistik pilkada.

Khusus untuk logistik, kata Hani, pengadaan tidak hanya untuk surat suara tetapi juga kotak suara.
Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kotak suara yang digunakan harus terbuat dari kardus dan transparan, sama seperti penyelenggaraan Pemilu 2019. Selain itu, KPU Gunungkidul tidak memiliki cadangan kotak suara karena kotak yang terbuat dari aluminium telah dilelang.

“Harus pengadaan kotak suara. Adapun dasar hukum untuk penyelenggaraan mengacu pada Undang-Undang No.10/2016 tentang Pilkada,” katanya.

Meski sudah ada proposal pengajuan hibah untuk penyelenggaraan pilkada, Hani menegaskan jumlah Rp29 miliar yang diajukan belum angka final.

“Nanti dibahas terkait dengan pos anggaran, termasuk di dalamnya potensi adanya efisiensi yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” jelasnya.

Hani menambahkan, pelaksanaan pilkada rencananya digelar pada September 2020. Adapun tahapan berlansung selama 10 bulan dengan rincian delapan bulan sebelum dan dua bulan setelah pilkada.

“Tahapan resmi sekitar Februari, tapi di akhir tahun kami sudah mulai pra tahapan untuk kelancaran dalam pelaksanaan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post