Angka Bunuh Diri Di Gunungkidul Semakin Memprihatinkan

63 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tewasnya Yoto Sugiarto, (70) akibat bunuh diri di rumahnya di Kampung, Ngawen pada Kamis (12/4) menambah daftar panjang kasus bunuh diri di Gunungkidul.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari bulan Januari hingga Maret 2018 tercatat ada 10 kasus bunuh diri di Kabupaten Gunungkidul.

Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, penyebab angka bunuh diri tinggi masih sama yakni depresi akibat sakit tak kunjung sembuh. Menurutnya, angka bunuh diri berada di kisaran 30 kasus per tahun.

“Jumlah rataan dalam tiga tahun terakhir kasus bunuh diri berkisar 30 kasus. Rinciannya yakni, 2015: 31, 2016: 30, dan 2017: 30,” katanya kepada wartawan, Kamis (12/4/2018).

Iptu Ngadino menjelaskan, sebenarnya faktor penyebabnya beraneka ragam. Namun yang paling sering ditemui, banyak dari mereka [korban] latar belakangnya sudah sakit-sakitan dan tak kunjung sembuh.

Ngadino mengaku berbagai upaya telah dilakukan oleh jajaran kepolisian. Salah satunya adalah dengan mengedepankan fungsi Babinkamtibmas di 144 desa.

“Jadi mereka [Babinkamtibmas] secara berkala menyambangi warga yang berpotensi bunuh diri,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati mengatakan kasus bunuh diri bukan masalah kesehatan semata. Banyak faktor yg menjadi penyebab atau motif.

“Penanganannya harus terintegrasi ke semua sektor sehingga akan semakin mampu menekan angka kasus bunuh diri di Gunungkidul,” tutupnya. (Heri Prastawa)

Related Post