Angka Kecelakaan Sepanjang Tahun Masih Tinggi

580 views

Foto: Doc Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka kecelakaan disetiap tahun semakin mengkhawatirkan. Oleh karena itu, Kepolisian resort Gunungkidul terus menekan angka kecelakaan tersebut dengan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, angka kecelakaan diwilayah Gunungkidul terus mengalami peningkatan. Dari tahun 2015 tercatat sebanyak 393 kasus kecelakaan dengan koban jiwa 59 orang, luka berat 3 orang, dan luka ringan sebanyak 515 orang. 
“Setiap tahun angka kecelakaan selalu tinggi, maka kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (2/1/2016).

Menurut Ngadino, sepanjang tahun 2016 angka kecelakaan berjulah 468 kejadian dengan korban jiwa 64 orang, luka berat 3 dan luka ringan 580 orang. Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan tahun 2016 mengalami peningkatan.
“Jika dibandingkan tahun 2015 kecelakaan lalu

lintas meningkat 75 kasus atau 29,08 persen,” jelasnya.

Pihaknya terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan melakukan upaya mengurangi angka kecelakaan. Kegiatan sosialisasi dan kampanye keselamatan lalu lintas

seperti safety riding di masyarat dan sekolah merupakan salah satu upaya untuk menekan kecelakaan ini.  

“Kami terus melakukan safety riding di masyarat dan sekolah,” ucapnya.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Samiyono mengatakan, banyaknya angka kecelakaan di wilayah Gunungkidul karena memang geografis sehingga banyak jalan yang berkelok dan tanjakan. Menurut Samiyono, tahun 2016 jumlah pelanggar yang

ditilang 4.725, untuk teguran 1.440 dengan denda tilang Rp 95 juta.
“Kondisi geografis menyebabkan jumlah kecelakaan meningkat. Disamping itu, karena beberapa

wilayah sepi banyak pengendara yang ngebut. Sedangkan untuk jumlah pelanggar lalu lintas dari setiap tahun terus meningkat pula,” bebernya. (Bayu)

Related Post