Anomali Cuaca, Petani Di Gunungkidul Gagal Panen Srikaya

739 views

Ilustrasi. Net



Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Petani yang berada di wilayah Kecamatan Gedangsari mengalami gagal panen Srikaya akibat anomali cuaca. Akibatnya para petani tidak bisa meraup keuntungan, Senin (06/2/2017).


Camat Gedangsari Muhammad Setyawan Indriyanto mengatakan, bahwa curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa bulan terakhir menyebabkan penyerbukan tidak berhasil. Pohon srikaya pun berbuah tidak maksimal. Selain itu pun bakal buah hanya sedikit terkadang juga banyak bakal buah yang gagal membesar.” para petani tidak bisa menjual srikaya secara kiloan, hanya menjualnya dengan perbiji,” katanya.

Selama ini, buah srikaya asal Gedangsari menjadi salah satu komoditas unggulan, sebab buahnya yang besar dengan daging yang cukup tebal. “Pada tahun ini memang kurang bagus, tidak seperti tahun sebelumnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Watugajah Dwi Ratna menambahkan, bahwa warga menjual hasil panen dengan bijian, padahal sebelumnya bisa menjual dengan per kilogram. “Harganya pun bervariasi untuk kualitas yang biasa dihargai Rp1.500,00 per biji dan yang lebih bagus bisa lebih mahal,” katanya.

Dengan kondisi itu, masyarakat tidak lagi merasakan panen srikaya secara maksimal. Sebagian besar hanya dikonsumsi pembeli lokal. “Untuk panen saat ini jauh sangat menurun,”paparnya. (Heri)

Related Post