Antisipasi Ancaman Kebakaran, Berbagai Cara Mulai Digencarkan

27 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebagian besar masyarakat Gunungkidul saat ini belum paham tata cara memadamkan api yang benar saat terjadi kebakaran.

Menyikapi hal tersebut, UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul bersama KKN UNY kelompok 61 melakukan sosialisasi antisipasi kebakaran di Dusun Selang 1, Desa Selang, Kecamatan Wonosari, Kamis (9/8/2018).

Ketua KKN UNY kelompok 61, Endar Krisdiyanto mengungkapkan, dua minggu lalu saat kami survei lokasi, terjadi kasus kompor meledak.

“Untung tidak sampai timbul kebakaran,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Diyono mengatakan, sosialisasi ini sebagai bentuk kerjasama untuk mengantisipasi kebakaran. Pasalnya sejumlah kasus kebakaran terutama dimusim kemarau seperti saat ini.

“Tiap tahun rata-rata ada 15 kasus, yang paling sering ada di tiga kecamatan yaitu Playen, Wonosari, dan Semanu,” kata dia.

Selain sosialisai, UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul juga mengadakan pelatihan antisipasi kebakaran dengan sejumlah kantor swasta maupun negeri. Sarana kesehatan seperti Puskesmas juga tak luput ikut serta dalam pelatihan ini.

“Setiap tahun kami mengadakan dua kali pelatihan,” kata Diyono.

Dengan adanya sosialisasi diharapkan masyarakat dapat mengimbangi dengan tidak mengabaikan peraturan. Sejumlah kasus sering terjadi, kebakaran bersumber dari kelalain manusia seperti membuang puntung rokok sembarang dan tidak mematikan sumber api setelah digunakan. (Santi)

Related Post