Antisipasi Bolos Kerja, Aplikasi Mobsi Mulai Diluncurkan

549 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemerintah Kabupaten (pemkab) Gunungkidul luncurkan aplikasi mobile absensi (mobsi) yang diproyeksikan sebagai pengganti absen sidik jari kedepannya.

Kabid status kinerja dan kesejahteraan pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul, Iskandar mengatakan, mulai tahun 2019 mendatang semuanya harus telah menggunakan sistem mobsi seperti ini.

“Aplikasi ini sudah mulai oktober disosialisasikan, dan harapannya pada bulan November semua sudah dapat menggunakan Mobsi, absen dapat dilakukan dengan jarak 100 meter dari masing-masing kantor,” katanya kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).

Ia mengatakan pada versi pertama aplikasi mobsi ada beberapa kendala sehingga saat ini sudah diluncurkan aplikasi versi kedua. Menurutnya, dalam aplikasi mibsi tidak hanya untuk absen masuk dan pulang saja tetapi juga dilengkapi dengan absensi dinas keluar.

“Ada beberapa masalah saat versi pertama seperti bagaimana cara teknis mengganti handphone. Dan pada aplikasi mobsi menggunakan GPS di hp, tujuannya agar bisa melacak PNS kemana,” jelasnya.

Iskandar menambahkan, saat dilakukannya uji coba kali ini mendapatkan berbagai keluhan seperti lambatnya aplikasi dijam-jam tertentu, lalu sinyal di daerah pinggiran yang kurang mendukung.

“Yang berada dipinggiran ada perlakuan khusus Organisadi Perangkat Daerah (opd) tidak ada jaringan kita fasilitasi dengan operator diperangkat daerah tersebut. Kami harap 2019 sudah menggunakan Mobsi secara keseluruhan,” ucapnya.

Sementara itu satu diantara PNS Dinas Pariwisata, Yani mengatakan versi kedua mobsi ini dinilai lebih mumpuni daripada sebelumnya. Tidak hanya mobsi saat ini ada Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian Gunungkidul (Apik Gunungkidul) yang didalamnya ada buku kerja.

“Sebetulnya mobsi yang versi 2 ini sudah lumayan mumpuni mudah-mudahan ada manfaatnya,” pungkas Yani. (Maya)

Related Post