Antisipasi Kebakaran, Petugas Gelar Pelatihan

132 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tim UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, menggelar sosialisasi dan pelatihan antisipasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran bersama Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Gunungkidul. Kamis (25/4/2019).

Bertempat di Ruang Rapat DPO Kearsipan, simulasi diawali dengan penjelasan teori dari Tim Damkar Provinsi kepada para pegawai kearsipan. Dalam pelatihan pencegahan kebakaran itu dilakukan sejumlah langkah, mulai dari pengenalan alat-alat pemadaman kebakaran, seperti Apar (alat pemadam api ringan), dan penggunaan karung basah untuk memadamkan api.

“Setelah teori, kita kemudian ke halaman belakang kantor UPT Pemadam Kebakaran untuk melakukan simulasi bagaimana cara pemadaman setelah terjadinya kebakaran,” kata Suroso, Kasi Arsip Dinamis.

Ia mengatakan, selama ini di OPD dan di SKPD aparnya sudah tersedia, tetapi untuk pemanfaatannya secara umum mayoritas belum bisa cara pemakaiannya. Dalam kesempatan ini tadi cara pemakainya di praktikan bagaimana cara masyarakat atau karyawan yang ada di OPD cara memanfaatkan dan menggunakan alat pemadam kebakaran ringan.

“Maka karyawan tau tentang tanggap darurat, karena di dalam DPO ini isinya dokumen-dokumen Gunungkidul terutama arsip-arsip yang bernilai sejarah,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul Diyono mengatakan, Simulasi pelatihan tingkat dasar di kearsipan, memang di perlukan sekali, pasalnya arsip-arsip yang ada di gedung DPO arsip itu, sangat rentan sekali terhadap terjadinya kebakaran, sehingga teman-teman dari arsip itu memang kita bekali bagaimana cara seandainya di gedung itu terjadi kebakaran yang lebih awal, sehingga bisa di tangani langsung oleh karyawan.

Ia menambahkan, selain pelatihan pihaknya memberikan sertifikat dimana, pertanda bahwa bawasanya dari teman-teman karyawan di Kearsipan sudah pernah mengikuti pelatihan tingkat dasar.

“Jadi pelatihan tingkat dasar itu memang sangat di perlukan sekali bagi siapapun, walau tidak dikantor atau nanti di rumah itu terjadi suatu kebakaran sudah tau cara penanggulangan lebih awal,” jelasnya. (Heri)

Related Post