Antisipasi Kekeringan, Dinas Akan Lakukan Droping 

376 views



​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Antisipasi kemarau panjang, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Gunungkidul mulai melakukan droping air di sejumlah wilayah yang mengalami kesulitan air bersih. Diharapkan bantuan tersebut dapat mencukupi kebutuhan masyarakat. 
Kepala Dinsosnakertran Gunungkidul, Dwi Warno Widi Nugraha mengatakan, pihak dinas sendiri menyiapkan anggaran untuk droping mencapai Rp. 750 juta, menyasar ke beberapa kecamatan yang menjadi langganan kekeringan.

“Anggaran sudah ada dan truk tangki siap untuk kita droping,” katanya, Minggu (11/9/2016).

Dwi Warno menyebutkan, daerah yang rawan terjadinya kekeringan meliputi Semin, Nglipar, Ngawen dan Gedangsari. Meski begitu, pihaknya merasa kelabakan ketika memenuhi banyaknya permintaan masyarakat. Untuk itu, dilakukan dengan cara membantu kecamatan yang sudah memiliki fasilitas dropping. 

“Kalaupun ada kesulitan air di sejumlah kecamatan, kita siap untuk droping,” ujarnya.

Menurut Dwi Warna, pelayanan kebutuhan air bersih yang dilakukan ini, tejadi setiap tahunya. Pihak dinas menerima usulan wilayag yang disampaikan secara berjenjang. Usulan tersebut diajuk melalui desa, kecamatan dan selanjutnya ke tingkat kabupaten. Hal itu sebagai antisipasi kelebihan droping.  

“Bantuan ini untuk masyarakat bukan untuk perseorangan, maka harus diingatkan,” jelasnya.

Melihat kondisi cuaca kemarau basah yang terjadi di beberapa wilayah, untuk itu Dwi Warno mengaku optimis jika di tahun ini kekeringan tidak akan seperti tahun-tahun sebelumnya. 

“Kalau kondisi hujan masih turun di beberapa wilayah, Hanya, sumber-sumber air saja yang mulai mengering,” terangnya. (Nena)

Related Post