Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Lebaran, Pemkab Akan Tindak Tegas Pedagang Nakal

image

Bupati Gunungkidul Badingah Saat Ditemui Gunungkidulpost.com. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai melakukan pengawasan guna  mengantisipasi terjadinya lonjakan harga dan kelangkaan barang kebutuhan pokok saat menjelang Lebaran.

Bupati Gunungkidul, Badingah memastikan akan mengawal pengendalian harga dan stok kebutuhan sembako selama Ramadan dan menjelang Lebaran. Menurutnya saat ini dirinya telah mengumpulkan para kepala organisasi perangkat derah (OPD) untuk memastikan bahwa pada saat puasa dan Lebaran ketersediaan sembako bagi masyarakat harus aman.

“Kami harus waspada terhadap praktik penimbunan barang. Meski saya menerima laporan bahwa sejumlah kebutuhan pokok dinyatakan aman,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (2/6/2017).

Badingah menuturkan, akan seger melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapangan. Ia akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan juga aparat kepolisian.

’’Kami akan sidak langsung ke sejumlah lokasi yang terindikasikan melakukan penimbunan barang,” tuturnya.

Sementara itu, Kasi Metrologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Supriyadi mengatakan, sejauh ini belum ada kasus penimbunan barang. Dari puluhan gudang yang telah di sidak pihaknya belum menemukan adanya indikasi penimbunan barang.

Namun demikian, dia mengakui memang tetap ada kemungkinan celah bagi pihak yang ingin mencari untung dengan cara melakukan penimbunan barang.

“Untuk melakukan pengawasan terhadap praktik penimbunan bahan pokok, kami akan berkoordinasi dengan  Kodim dan Polri untuk melakukan penindakan,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post