Antisipasi Lonjakan Harga, Petugas Gabungan Siap Awasi Pedagang Nakal

11 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Upaya untuk antisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok yang tidak wajar selama bulan Ramadan dan Lebaran yang dilakukan oleh jajaran Polres Gunungkidul disambut positif oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

Bahkan berbagai upaya lakukan, mulai dari sosialisasi ke pedagang hingga rutin lakukan pengawasan.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Suryanto mengatakan peran kepolisian khususnya satgas sangat diperlukan. Sebab memasuki bulan puasa tahun ini harga barang pokok di Gunungkidul mulai menunjukan tren kenaikan.

“Sangat diperlukan untuk membantu kami juga dalam mengontrol harga,” katanya kepada wartawan, Minggu (20/5/2018).

Sementara itu peran Disperindag Gunungkidul dalam lakukan kontrol harga selama bulan Ramadan ini masih dalam tahap memantau pasar. Pasar yang menjadi sasaran berada di tiga kecamatan diantaranya Wonosari, Playen dan Semanu.

“Tiga wilayah itu [Wonosari, Playen dan Semanu] pasarnya representatif. Jadinya lebih ramai dari pasar lainnya, oleh karenanya kita akan lakukan pemantau terus,” tandasnya.

Upaya lain agar masyarakat tetap bisa membeli barang pokok dengan harga murah Disperindag Gunungkidul bersama pemerintah provinsi DIY akan mengadakan pasar murah.

“Akan segera kami buka pasar murah dan operasi pasar yang diikuti dari Diskop dan UKM DIY, serta bulog juga. Hal ini sebagai salah satu upaya menyetabilkan harga kebutuhan pokok,” paparnya.

Dia menambahkan, harga sejumlah komoditi pangan mengalami kenaikan. Salah satunya ada harga daging ayam potong sebelumnya Rp33.000 kini alami kenaikan menjadi Rp36.000.

“Untuk itu kami akan berupaya mengontrol terkait distribusi barang guna menekan kenaikan harga,” pungasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post