Antisipasi Pelanggaran, Penertiban APK Akan Digelar Secara Rutin

173 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Melihat hasil penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) selama dua hari, Rabu (14/11) dan Kamis (15/11) mencapai ribuan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, berencana melakukan penertiban rutin setiap bulannya.

Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengungkapkan penertiban akan dilakukan setidaknya sebulan dua kali.

Dijelaskannya prosedur untuk penertiban tersebut tetap sama nantinya Bawaslu memberi rekomendasi jika ada temuan pelanggaran.

“Jika dalam waktu yang diberikan tidak menertibkan mandiri, baru akan dilakukan penertiban,” kata Rosita, Jumat (16/11).

Menurut dia, hasil penertiban APK yang telah dilakukan Bawaslu sendiri nantinya dikatakan Rosita akan diberi cap atau tanda, bahwa APK tersebut pernah ditertibkan.

Pelanggaran yang banyak ditemui sendiri pemasangan bendera yang tidak sesuai aturan. Meski bendera dikatakan bukan termasuk kategori APK, namun masuk dalam bentuk lainnya, seperti salah satunya stiker.

“Bendera memang bukan masuk APK tetapi bentuk lainnya, seperti stiker. Jika memang tidak sesuai aturan atau zonasi ya kami tertibkan,” tandasnya.

Dikatakannya Rosita, banyak yang tidak sesuai aturan pemasangan APK seperti di pohon, di fasilitas umum, bahkan ada yang di sekitaran sekolah atau tempat ibadah. Sehingga memang perlu ditertibkan.

“Hasil penertiban sendiri nantinya bisa diambil oleh pemilik APK ke Bawaslu Gunungkidul,” tutupnya. (Bayu)

Related Post