Antisipasi Penyalahgunaan, Polisi Awasi Penyaluran Dana Desa

205 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Penyaluran dana desa sangat berpotensi terjadi tindak pelanggaran pidana. Untuk itu, Polisi oleh pemerintah saat ini disampiri tugas untuk turut mengawasi dana desa, tak terkecuali Polisi di Kabupaten Gunungkidul. Meski telah kita ketahui bersama bahwa tugas Polisi adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sudah ada MoU antara Mendagri, Menteri Desa dan Kapolri. Sudah diinstruksikan kepada semua jajaran Polda, diteruskan kepada Polres hingga Polsek,” kata Kasat Binmas Polres Gunungkidul, AKP Ahmad Fauzi Mulyono, Selasa (31/10/2017).

Nantinya, lanjut Ahmad,  Babinkamtibmas di setiap desa akan dijadikan ujung tombak dalam pengawasan tersebut. Untuk itu, telah diinstruksikan setiap Polsek untuk menerjunkan anggotanya di setiap desa agar ikut mengawasi penyaluran dana desa.

“Kita sifatnya bukan mendampingi, tapi akan ikut mengawasi laju perputaran dana tersebut. Karena disana ada peluang untuk disalah gunakan demi kepentingan oknum tertentu,” jelas Ahmad.

Menurutnya, dana desa itu untuk kepentingan masyarakat desa secara keseluruhan. Disini Babinkamtibmas bertugas untuk memberikan masukan-masukan dan menjaring informasi dari masyarakat jika ada penyalahgunaan dana desa.

“Tugas ini sudah kita lakukan setelah adanya MoU mengenai hal ini, ” kata Ahmad. 

Ahmad menyampaikan, bagi setiap desa yang menyalurkan dana desa sesuai dengan prosedur,  tentu tidak akan takut dengan aturan baru ini, namun sebaliknya, jika ada desa yang melakukan penyimpangan,  tentuk ini akan menjadi momok menakutkan, karena setiap penyimpangan yang tidak bisa diluruskan, akan di laporkan ke Polsek dan di teruskan hingga ke Polres.

“Kita akan bergerak sesuai prosedur, kita tidak mungkin bekerjasama dengan desa hanya demi kepentingan oknum tertentu, ” tegasnya. 

Ahmad menyampaikan, akan ada sanksi sesuai kesalahan yang telah dilakukan, baik itu dari pihak desa maupun petugas pengawasan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post