Apa Kabar SK Bupati, Sekian Lama Telah Dinanti

33 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Bupati, Guru Tidak Tetap (GTT) mempunyai payung hukum sebagai guru honorer.

Selain untuk mendapatkan honor yang layak bagi GTT, SK Bupati juga digunakan sebagai syarat mendapatkan sertifikasi guru.

Ketua guru K2 Kabupaten Gunungkidul Didik menyampaikan, GTT sekolah swasta yang bisa mendapatkan sertifikasi guru karena telah mendapatkan SK dari yayasan masing-masing, sedangkan GTT sekolah Negeri belum bisa mendapatkan sertifikasi karena belum ada SK.

“Harapan kami para Guru K2 SK dapat segera turun, selain untuk mendaftar sertifikasi juga untuk mendapatkan honor yang layak, paling tidak sebesar UMK,” katanya Senin, (09/10/2018).

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan ada dua syarat guru mendapatkan sertifikasi yaitu persyaratan akademik dan administrasi.

“Untuk administrasi syaratnya ada SK kepala daerah atau SK kepala dinas, diangkat sebagai guru sejak 31 desember 2015, terdaftar pada dapodik kementrian pendidikan, sarjana s1 atau d4, memiliki NUPTK, kualifikasi S1/D4 sesuai dengan PPG, masih aktif mengajar, ” bebernya.

SK kepala daerah atau SK kepala dinas diperuntukkan bagi guru yang belum menjadi PNS.

Sementara itu Ketua Komisi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul Hery Kriswanto mengatakan Pemberian SK bupati belum dapat diberikan pada tahun ini.

“Hal tersebut karena pemberian honor bagi GTT belum terkover APBD perubahan,” tutupnya. (Santi)

Related Post