APBD Tahun Depan Terus Digodok, Dewan Tagih Janji Bupati

30 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019 terus dikaji oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama dengan anggota DPRD di ruang sidang, Senin (5/11/2018).

Fraksi di DPRD Gunungkidul menyampaikan pemandangan umum fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah.

Ketua DPRD Gunungkidul, Demas Kursiswanto mengatakan, pengantar nota keuangan Raperda tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2019 telah disampaikan oleh Bupati Gunungkidul, Badingah pada rapat paripurna Senin (29/10).

“Untuk APBD murni kami akan sesuai target, bahkan kalau kita untuk menebus kesalahan kemarin, tanggal 12 sudah ditetapkan [Senin (12/11)],” kata Demas, usai memimpin sidang.

Sementara itu, juru bicara dari Fraksi PDIP, Wahyu Pradana Ade Putra mengatakan fraksi PDIP mendorong semua pihak untuk mendukung Bupati beserta jajaran, dia berharap bupati Badingah dapat mewujudkan visi misinya dan janji politiknya.

“Harapan kami semoga janji politik bupati benar-benar turwujud,” papar Ade.

Setidaknya ada enam prioritas pembangunan daerah tahun anggaran 2019 yaitu antara lain pendidikan dan kesehatan, kedua sosial dan penanggulangan kemiskinan, ketiga ekonomi dan pariwisata, keempat infrastruktur, pengembangan wilayah dan tata ruang, kelima ketahanan pangan, lingkungan hidup dan pengelolaan bencana, keenam reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

“Perlu adanya pengurangan anggaran yang tidak penting, agar terbangun konstruksi pembangunan yang fokus sektoral, sehingga target kinerja utama dapat terpenuhi,” ucap Ade.

Juru bicara dari Partai Gerindra yang juga merupakan ketua Fraksi Gerindra, Lagiyo menyoroti dalam pemandangan umum fraksi ini salah satunya yaitu terkait isu strategis tingginya angka kemiskinan, yang telah disepakati sebagai salah satu prioritas program yaitu penanggulangan kemiskinan, seharusnya menjadi perhatian lebih, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2019 telah mentargetkan mewujudkan kemakmuran yang lebih baik.

“Hanya saja semangat ini belum diimbangi dengan upaya strategis yang seharusnya dilakukan Pemkab Gunungkidul,” tandas Lagiyo. (Bayu)

Related Post