APBDes Songbanyu Dislidik Kejati DIY

515 views
image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Girisibo- Dugaan penyelewengan pengunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes) Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul kini ditangai Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY.

Kini sedikitnya lima saksi dari pihak pelapor telah diperiksa Kejati DIY.

Pegiat Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Songbanyu (FKMPS), Totok Sugiyanto mengatakan pemeriksaan saksi dari pihak pelapor sudah dilakukan dua kali.

“Kemarin ada dua saksi yang sudah diperiksa, dan hari ini tambah lagi ada tiga saksi yang diperiksa,” katanya kepada Wartawan, Rabu (25/10/2017).

Dia menjelaskan, total lima saksi yang merupakan warga Songbanyu telah dimintai keterangan terkait dengan hal yang menjadi substansi laporan. Beberapa hal yang ditanyakan kepada saksi adalah tentang pengelolaan APBDes untuk pembangunan sejumlah infrasturktur seperti pelebaran jalan dan pembangunan talut.

“Yang ditanyakan mengenai pengelolaan dana desa terkait dengan adanya beberapa infrastruktur yang diperuntukan untuk warga, tapi tidak sesuai antara fisik dan di laporan pertanggungjawaban,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Songbanyu, Suhadi mengatakan siap mengahadapi laporan warganya mengenai dugaan penyelewengan APBDes itu. Dirinya merasa bahwa apa yang dilakukannya tidak menyalahi aturan, karena sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan dari tim kabupaten.

“Biar lebih terang kalau Kejati lebih capat malah akan lebih baik dan warga tahu mana yang benar, mana yang salah,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post